Headlines News :
Home » » Apakah Itu Tajwid ?

Apakah Itu Tajwid ?

BISMILLAH : Dan apabila aku sakit DIA-lah (Allah SWT) yang menyembuhkannya -Asy Syuaraa : 80-

belajar_tajwid

1. Devinisi Ilmu tajwid :

Ilmu Tajwid adalah ilmu yang mempelajari tentang kaidah dan tata cara membaca Al Quran dengan baik dan benar.

2. Tujuan Mempelajari Ilmu tajwid :

Untuk senantiasa memelihara dan menjaga bacaan-bacaan Al Quran dari kekeliruan, kesalahan dan perubahan. Disamping itu juga agar senantiasa memelihara lisan (mulut) dari kesalahan membaca Makhrijul huruf maupun Panjang-pendeknya (Mad).

3. Ruang Lingkup Bahasan Ilmu Tajwid :

Mempelajari dan mengenal huruf hijaiyah (ada yang yang menyutkan berjumlah 28 dan ada juga yang 29 dan ada juga yang 30 ), ada dasarnya masing-masing.

  • Yang menyebutkan huruf hijaiyah hanya 28 yaitu “Lam-Alif ” dan “Hamzah ” tidak diikut sertakan karena “lam-Alif ” sudah terwakilkan oleh “Lam ” dan “Alif ” yang disatukan, sedangkan “Hamzah ” sudah terwakilkan oleh “Alif".
  • Yang menyebutkan huruf hijaiyah 29 yaitu yang tidak disertakan hanya “Hamzah".
  • Yang menyebutkan huruf hijaiyah 30 yaitu keseluruhan huruf hijaiyah termasuk huruf hijaiyah yang tidak diikut sertakan diatas.

Melihat dari pendapat-pendapat diatas kita tidak perlu mempermasalahkannya dan memperdebatkannya, yang perlu kita ketahui bahwa walaupun ada yang meyebutkan huruf hijaiyah 28, 29 atau 30 sekalipun tetap kaidah dan tata cara membacanya sama dan keseluruhan huruf hijaiyah tetap dipergunakan.

4. Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid

Bagi ummat islam belajar ilmu tajwid adalah fardhu kifayah , ada pun membaca Al Quran dengan baik dan benar (sesuai dengan kaidah ilmu tajwid) hukumnya adalah fardhu ‘ain.

--- oOo ---
ALHAMDULILLAH... Semoga Bermanfaat...!!
 
RUMAH GURAH SURABAYA : Jl. Padmosusastro No.102-B (daerah Pakis Wetan) +/- 100 M ke Arah Selatan dari GELORA PANCASILA Surabaya 60241
Proudly powered by BloggerTemplate Created by Mas Template Published by RUMAH GURAH SURABAYA