Dalam wayang terdapat beberapa filosofi seperti Pandawa yang juga sering disebut Pandawa Lima karena jumlahnya 5 (lima) yang terdiri dari :
- Yudhistira.
- Bima/Sena/Werkudara.
- Arjuna/Janaka.
- Nakula.
- Sadewa.
Nakula dan Sadewa disebut merupakan saudara kembar, sedangkan Pandawa lima merupakan sosok penjelmaan Dewa.
Disamping sosok yang berjiwa ksatria dan merupakan penjelmaan dewa, terdapat pula filosofi sosok yang melambangkan angkara murka yang digambarkan lewat 100 sosok KURAWA, yakni :
- Duryodana (Suyodana).
- Dursasana (Duhsasana).
- Abaswa.
- Adityaketu.
- Alobha.
- Anadhresya (Hanyadresya).
- Anudhara (Hanudhara).
- Anuradha.
- Anuwinda (Anuwenda).
- Aparajita.
- Aswaketu.
- Bahwasi (Balaki).
- Balawardana.
- Bhagadatta (Bogadenta).
- Bima.
- Bimabala.
- Bimadewa.
- Bimarata (Bimaratha).
- Carucitra.
- Citradharma.
- Citrakala.
- Citraksa.
- Citrakunda.
- Citralaksya.
- Citrangga.
- Citrasanda.
- Citrasraya.
- Citrawarman.
- Dharpasandha.
- Dhreksetra.
- Dirgaroma.
- Dirghabahu.
- Dirghacitra.
- Dredhahasta.
- Dredhawarman.
- Dredhayuda.
- Dretapara.
- Duhpradharsana.
- Duhsa.
- Duhsah.
- Durbalaki.
- Durbharata.
- Durdharsa.
- Durmada.
- Durmarsana.
- Durmukha.
- Durwimocana.
- Duskarna.
- Dusparajaya.
- Duspramana.
- Hayabahu.
- Jalasandha.
- Jarasanda.
- Jayawikata.
- Kanakadhwaja.
- Kanakayu.
- Karna.
- Kawacin.
- Krat.
- Kundabhedi.
- Kundadhara.
- Mahabahu.
- Mahacitra.
- Nandaka.
- Pandikunda.
- Prabhata.
- Pramathi.
- Rodrakarma (Rudrakarman).
- Sala.
- Sama.
- Satwa.
- Satyasanda.
- Senani.
- Sokarti.
- Subahu.
- Sudatra.
- Suddha (Korawa).
- Sugrama.
- Suhasta.
- Sukasananda.
- Sulokacitra.
- Surasakti.
- Tandasraya.
- Ugra.
- Ugrasena.
- Ugrasrayi.
- Ugrayudha.
- Upacitra.
- Upanandaka.
- Urnanaba.
- Wedha.
- Wicitrihatana.
- Wikala.
- Wikatanana.
- Winda.
- Wirabahu.
- Wirada.
- Wisakti.
- Wiwitsu (Yuyutsu).
- Wyudoru (Wiyudarus).
Wayang bermakna... wewayangan / ayang-ayang / bayang-bayang.
Bayangan siapa ?
Ya bayangan kehidupan seluruh manusia di dunia ini !!
Bayangan siapa ?
Ya bayangan kehidupan seluruh manusia di dunia ini !!
Pada kewayangan...filosofi simbol PANDAWA Lima dan KURAWA sangat berlawanan, yang semuanya ada dalam tubuh setiap manusia.
Filosofi Simbol PANDAWA di tubuh setiap manusia :
1. Yudhistira.
- Lokasi perumpamaan Yudhistira di tubuh manusia adalah di OTAK.
Yudhistira merupakan saudara Pandawa yang paling tua dan penjelmaan dewa Yama. Sifatnya sangat bijaksana, memiliki moral yang sangat tinggi, suka memaafkan dan mengampuni musuh yang sudah menyerah.
FILOSOFI SIMBOL :
Jika manusia ingin mulia dalam hidupnya, maka pergunakanlah otak secara bijaksana dan tidak mengumbar ambisi untuk meraihnya, melainkan mengutamakan strategi untuk meraih kemuliaan hidup di dunia.
2. Bima/Sena/Werkudara.
- Lokasi perumpamaan Bima/Sena/Werkudara di tubuh manusia adalah pada MATA.
Werkudara merupakan putra kedua yang merupakan penjelmaan dari dewa Bayu sehingga sering dijuluki Bayusutha. Tubuhnya tinggi, dan berwajah paling sangar diantara saudara-saudaranya. Meskipun demikian, ia memiliki hati yang baik. Lantaran kekuatannya, Werkudara sangat ditakuti oleh sosok Kurawa dan musuh-musuhnya.
FILOSOFI SIMBOL :
Satu hal yang membuat manusia ditakuti adalah matanya. Ketika manusia marah dan matanya melotot, maka orang lain pun akan sedikit gemetar melihat sorot matanya.
3. Arjuna/Janaka.
- Lokasi perumpamaan Arjuna/Janaka di tubuh manusia adalah pada HATI KECIL atau HATI NURANI.
Arjuna merupakan penjelmaan dewa Indra yang juga dewa perang. Sifat utama dari Arjuna adalah sering bertapa, mendekatkan diri pada Sang Pencipta dan tidak pernah berbohong.
FILOSOFI SIMBOL :
Kegemarannya bertapa membuat Arjuna sangat dekat dengan SANG PENCIPTA. Manusia yang sering mendengarkan hati kecilnya (nurani) maka ia cenderung memiliki keinginan mendekatkan diri pada GUSTI ALLAH.
4 dan 5 : Nakula dan Sadewa.
- Lokasi perumpaan Nakula dan Sadewa di tubuh manusia adalah pada BUAH PELER KEMALUAN yang kembar.
Baik Nakula dan Sadewa adalah penjelmaan dewa Aswin yang merupakan dewa pengobatan. Keduanya memiliki sifat bijaksana dan senang melayani.
FILOSOFI SIMBOL :
Manusia hendaknya bijaksana dalam menggunakan alat kelaminnya (tidak gonta-ganti pasangan). Dan memiliki kesetiaan untuk melayani pasangan hidupnya.
Itulah sanepan/perumpaan lokasi PANDAWA Lima di tubuh anak Adam. Lha terus dimanakah sanepan atau perumpamaan untuk Kurawa di tubuh manusia ?
Sanepan/perumpamaan dan filosofi seratus sosok Kurawa itu ternyata berlokasi di HATI BESAR manusia (manusia itu memiliki 2 hati yaitu hati besar dan kecil / hati nurani).
Kedua hati itu memiliki kecenderungan yang sangat bertolak belakang. Hati besar senantiasa dipenuhi dengan sifat buruk, iri, dengki, ambisi, nafsu berbuat kejahatan dll. Sementara hati nurani cenderung mengajak untuk berbuat kebajikan, suka perdamaian, manembah pada GUSTI ALLAH dan menolong sesama.
Setiap hari dalam kehidupan sehari-hari di tubuh manusia, hati besar dan hati kecil (nurani) senantiasa berperang. Hati besar (yang dikuasai 100 sosok Kurawa yang penuh hawa nafsu itu) berperang melawan hati nurani (yang hanya terdapat Arjuna saja).
Pertanyaannya, Bagaimana seorang Arjuna dapat mengalahkan 100 sosok Kurawa ?
Hal itulah yang membuat manusia cenderung untuk lebih mendengarkan hati besarnya daripada hati kecil (nuraninya). Namun satu hal yang perlu dicatat, meskipun hanya seorang diri dimana Arjuna harus melawan 100 sosok Kurawa, namun Arjuna bisa meraih kemenangan. Caranya, semuanya tergantung manusia itu sendiri untuk lebih mendengarkan suara 'Arjuna' di hati kecil (nurani) dan mengabaikan suara hati besar.